No #1 Platform For Job Updates

Join us on Telegram

Join Now

Join us on Whatsapp

Join Now

Apa yang Dimagsud Dengan CV, Isi, Contoh dan Cara Membuatnya

Joblist.eu.org – Membuat CV adalah poin penting yang harus dilakukan sebelum melamar sebuah pekerjaan. Tidak hanya melamar kerja, CV juga dapat digunakan oleh mahasiswa yang masih kuliah untuk mendaftar magang ataupun kegiatan lainnya.

Melalui CV, HRD atau recruiter akan mendapatkan kesan pertama dari kandidat. Jika kesan yang didapat dari recruiter baik, maka peluang kandidat diterima akan menjadi lebih besar. Oleh karena itu, penting untuk membuat sebuah CV yang baik, benar, dan menarik.

Bagi fresh graduate/lulusan baru ketika hendak melamar kerja pasti masih bingung dengan yang namanya CV, oleh karena itu Adinda akan menjelaskan secara lengkap dan jelas.

Apa yang Dimaksud Dengan CV?

Curriculum Vitae (CV) atau Resume atau Daftar Riwayat Hidup adalah gambaran diri Anda yang sesungguhnya. Memiliki CV yang efektif dan menarik akan meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan idaman Anda.

Daftar riwayat hidup atau CV adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja. Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain.

Perbedaan CV dengan Surat Lamaran Kerja

Sesuai arti dari namanya, CV (curriculum vitae) pada dasarnya merupakan daftar riwayat hidup yang di dalamnya terdapat perjalanan hidup seseorang yang menampilkan pendidikan, pelatihan, serta pekerjaan apa saja yang sudah pernah ditempuhnya.

Sementara surat lamaran kerja adalah surat yang menjadi bentuk komunikasi antara dua orang. Bedanya Surat Lamaran Kerja dan CV Surat lamaran kerja bisa dibilang merupakan salah satu bentuk komunikasi antara dua orang dalam proses melamar pekerjaan.

Sedangkan CV adalah daftar riwayat hidup yang berisikan perjalanan hidup seseorang yang dilihat dari pendidikan dan pekerjaan apa saja yang pernah dilakukannya.

Perbedaan CV dengan Resume

CV, atau curriculum vitae, adalah dokumen yang secara rinci menjelaskan riwayat hidup seseorang berdasarkan pengalaman, kualifikasi dan prestasinya. Sedangkan, resume adalah dokumen yang memberikan rangkuman pengalaman, kualifikasi dan prestasi seseorang di suatu bidang yang spesifik.

Perbedaan CV dengan Portofolio

Ringkasnya, CV berfungsi sebagai penjelasan atas informasi pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, serta minatmu. Sementara, portofolio digunakan sebagai bukti dari semua pengalaman kerja yang sudah kamu lewati. Ketika melamar kerja

Format CV yang Wajib Ada

Isi cv yang baik dan benar harus mencantumkan dan menjelaskan data diri anda secara lengkap, singkat dan detail. Seperti:

  1. Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email.
  2. Riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar.
  3. Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang.
  4. Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Isi CV tulis Tangan Apa Saja?

Pada bagian pertama, tulis identitas diri mulai dari nama, alamat, jenis kelamin, email, nomor telepon, dan lainnya. Bagian selanjutnya, tuliskan riwayat pendidikan. Kemudian, tulis pengalaman kerja atau lewati jika fresh graduate. Selanjutnya, tuliskan skill yang kamu miliki.

Menulis CV sebaiknya di Kertas Apa?

Gunakan kertas putih dan polos

Pastikan Anda menulis CV pada kertas putih bersih dan polos. Ukuran standar yang biasa digunakan adalah jenis A4 (kuarto) dan tebal 80 gram. Menggunakan kertas putih dan bersih dalam menulis CV memudahkan tim penyeleksi nyaman dalam membaca.

Apakah CV harus ada fotonya?

Apakah CV harus pakai foto? Tidak ada jawaban pasti apakah Anda harus menambahkan foto daftar riwayat hidup atau tidak. Ada banyak pendapat tentang hal ini. Tetapi biasanya, foto wajib ditambahkan ke CV jika Anda melamar di perusahaan Indonesia.

Apakah boleh Menulis CV ditulis tangan?

Buatlah sendiri, tetapi bukan di ditulis tangan, CV harus diketik sendiri dan diprint. Biasanya CV yang sudah jadi merupakan CV yang diperuntukan untuk pegawai PNS, BUMN.

Apakah perlu Tanda tangan di CV?

Jika kamu membuat daftar riwayat hidup menggunakan tulisan tangan, di bagian bawahnya kamu wajib mencantumkan tanda tangan, waktu dan tempat ketika surat tersebut ditulis. Hal ini menunjukan bahwa kamu memang benar-benar menulis daftar riwayat hidup tersebut tanpa paksaan dari siapapun.

Contoh CV Lamaran Kerja

Supaya lebih paham lagi mengenai CV, berikut beberapa contoh CV Lamaran kerja yang bisa kamu jadikan referensi

Untuk contoh CV lain, akan kami bahas pada artikel selanjutnya

Cara Membuat CV

Pelamar kerja diharuskan mempersiapkan banyak dokumen seperti surat lamaran kerja, curriculum vitae, dan surat-surat lainnya. Namun, jaman sekarang membuat CV menjadi mudah. Hanya bermodalkan HP dan internet, kamu sudah bisa membuat curriculum vitae di hp untuk melamar kerja.

Berikut langkah-langkah membuat CV tulis tangan

  1. Siapkan kertas folio bergaris
  2. Siapkan juga alat tulis (Pulpen)
  3. Siapkan lem untuk menempelkan foto
  4. Siapkan contoh CV
  5. Siapkan foto backround merah/biru 3×4 1 lebar
  6. Mulai menulis dengan hati-hati, teliti dan hindari coretan
  7. Tulis informasi secara berurutan anda bisa menulis informasi dimulai dari data diri hingga data tambahan.
  8. Tambahkan kalimat penutup, tanda tangan dan juga tempelkan foto

Penutup

Demikian informasi lengkap mengenai CV atau Curriculum Vitae yang dapat Adinda bagikan pada kesempatan kali ini. Apabila ada kata kurang sesuai, kalimat kurang dipahami ataupun ada pertanyaan lain bisa melalui kolom komentar. Terimakasih

Related Posts

8 Contoh CV Lamaran Kerja Tulis Tangan (Menarik, Baik & Benar)

isi-contoh-surat-lamaran-kerja

Isi + Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Tinggalkan komentar

Stay informed about the latest government job updates with our Sarkari Job Update website. We provide timely and accurate information on upcoming government job vacancies, application deadlines, exam schedules, and more.

Popular Job Posts